SURAH AL-IKLAS



SEBAB SEBAB TURUNYA SURAH AL-IKLAS

         Sebagian riwayat menerangkan sebab turunya surah AL-IKLAS yaitu:
ketika Rasulullah s.a.w. sedang dalam perjalanan pindah dari mekhah ke madinah,  rasulullah melihat jahuh  dibelakang seseorang yang sedang mengejar beliau dengan  berkendaraan kuda,  disaat itu datang jibril kepada rasulullah lalu berkata:  hai Muhamad!  suragah mengejarmu dari belakang dan hendak membunuh engkau, tetapi Tuhan telah memerintahkan kepada bumi agar ta'at kepadamu"  tidak lama kemudian sampailah surangah kepada rasulullah , dia segera menerjang rasulullah dengan pedang terhunus, tetapi dengan takdir Tuhan, Surangah beserta kudanya terperosok kedalam bumi, hingga tak berdaya apa APA lagi. 
        Rasulullah menoleh ke belakang dan surangah berkata: "Tolonglah aku wahai MUhamad! aku tidak akan berbuat sesuatu  kepada engkau!" kemudian Rasulullah menarik suragah dan kudanya dari dalam bumi, surangah pun selamat, dan ia pun berkata; "terangkanlah kepadaku hai muhamad, tentang Tuhanmu yang mempunyai kekuatan yang besar ini.
        adakah terdiri dari emas atau perak?"  rasulullah menundukanya kepalanya, terhening sebentar, kemudian turunlah jibril dan berkata: "hai Muhamad!" Qul  hu Allaahu Ahad!" sampai nada ahir hayat 








_______________________________________________________________________________

 KHASIAD SURAH AL-IKLAS
  • dari sayyidinaa alli r.a dari Rasulullah : "siapa hendak pergi  musafir, kemudian ketika iya hendak meningalkan rumahnya, ia membaca surat iklas 11 kali maka Tuhan memeliharakan rumahnya sampai ia kembali".
  • sayyidinaa anas menerangkan dari Rasulullah s.a.w.: "siapa membaca surotul Iklas 30 kali, maka tuhan akan menulis berkah, selamat dari api neraka dan dari azab pada hari kiamat"
  • imam sayuti menerangkan dalam kitabnya Addurrul mantsur", riwayat dari ibnu 'Abbas bahwa Rasulullah s.a.w. telah mengatakan siapa ada hajad hendaklah  berwudhu dan sembayang 4 rokaat dengan sekali salam. rokaat pertama membaca Fatikah satu kali dan surat iklas 11 kali, rokaat ke2 membaca fatikah satu kali dan surat iklas 21 kali, rokaat ke3 membaca fatikah satu kali dan surat iklas 30 kali, rokaat ke4 membaca fatikah satu kali dan surat iklas 41 kali, apabila sudah salam, sebelum berkata-kata membaca al iklas 50 kali, shalawat atas nabi 50 kali, 50 kali, kemudian ia meminta hajadnya kepada Tuhan, maka insya Allah Tuhan akan menunaikan hajadnya.
  • dll masih banyak khasiad-khasiad yang lainya



Komentar

Postingan Populer